Beranda | Artikel
Adab Tadarus Al Quran di Bulan Ramadhan (Kultwit)
Kamis, 9 Juni 2016

01- Kultwit lagi nih … Ingin menyemangati diri sendiri biar semangat #tadabbur_quran dan #tadarus_quran. Semangat!

02- Kenapa #tadarus_quran? Karena bulan Ramadhan ini bulan Quran seharusnya sebulan punya target untuk khatam quran. Mudah, kalau berniat.

03- Sekarang penting kiranya kita pahami adab-adab ketika #tadarus_quran. Karena tanpa adab, tak punya pengaruh ketika kita membacanya.

04- Adab #01 Awali dengan niatan ikhlas, bukan berniat ingin cari dunia, bukan ingin cari pujian.

05- Adab #02, mulut hendaknya dalam keadaan bersih, bukan dalam keadaan berbau tidak enak, lebih-lebih berbau rokok. Iihhhh bauuuuu …

06- Adab #03, disunnahkan membaca Al-Quran dalam keadaan suci. Namun untuk menyentuh mushaf Quran berbahasa Arab, wajib dalam keadaan suci.

07- Kenapa menyentuhnya wajib bersuci? Karena Rasul bersabda, tidak boleh menyentuh mushaf Quran kecuali dlm keadaan suci. (HR. Daruquthni)

08- Adab #04, membaca Al Quran hendaknya di tempat yang bersih, yang suci. Di masjid tentu lebih utama, sekaligus bisa niatan itikaf.

09- Imam Nawawi berkata, hendaklah setiap orang yg duduk di masjid sudah berniat itikaf dlm waktu lama atau sesaat, jg sejak awal masuk.

10- Adab #05, hendaknya menghadap kiblat, duduk penuh ketenangan dan sakinah.

11- Adab #06, memulai membaca Al Quran dengan membaca ta’awudz, lalu membaca bismilllahirrahmanirrahim untuk awal surat selain At-Taubah.

12- Adab #07, membaca dalam keadaan khusyu’ dan #tadabbur_quran. Bisa tadabbur yah dengan baca terjemahan dan pelajari tafsirnya.

13- Adab di atas disarikan dari kitab At-Tibyan hlm. 87, moga manfaat. Ane tulis saat safar di Ori Hatuhaha (Pulau Haruku), 29 Syaban 1437.

Follow Twitter RumayshoCom

Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com


Artikel asli: https://remajaislam.com/766-adab-tadarus-al-quran-di-bulan-ramadhan.html